Putri, Faizah Nabilah and Nani, Yuliantini and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FAIZAH NABILAH PUTRI_A1G021097. - Faizah Nabilah Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe
Snowball Throwing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV
SDN Gugus XV kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode penelitian yaitu metode Quasi Experiment dengan
desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Gugus XV Kota
Bengkulu yang berakreditasi A. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik
cluster random sampling, diperoleh siswa kelas IVB SDN 78 Kota Bengkulu
sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 74 Kota Bengkulu
sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan model
Kooperatif Tipe Snowball Throwing sedangkan kelompok kontrol menggunakan
pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang
berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal. Pelaksanaan tes sebanyak dua kali,
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) 0,000
lebih kecil dari 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya
perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gugus XV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Kooperatif tipe Snowball Throwing, Kemampuan membaca
pemahaman
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27173 |