PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU

Indriani, Ikka Aprilia and Irfan, Supriatna and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Ikka Aprilia Indriani_A1G021129 - Ikka Aprilia Indriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning berbantuan media Big Book terhadap hasil belajar Matematika
siswa kelas IV SDN Gugus XV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment
dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus XV Kota
Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random
sampling, sehingga diperoleh 31 siswa kelas IV SDN 74 sebagai kelas eksperimen
dan 38 siswa kelas IV SDN 78 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar tes soal pilihan ganda yang berbentuk uraian
berjumlah 10 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu pretest (sebelum) dan
posttest (sesudah) pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) 0,004 <
0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata posttest antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya perlakuan
kedua kelas yang berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan media Big Book terhadap hasil
belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus XV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Project Based Learning, Media Big Book, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200