Sapitri, Miyen Rara and Irfan, Supriatna and Yuli, Amaliyah (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN TUTOR SEBAYA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Miyen Rara Sapitri_A1G021142 UNIB - Miyen Rara Sapitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis
siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi pecahan melalui bantuan tutor sebaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas
V yang mengalami kesulitan dalam memahami pecahan, sementara tutor sebaya
dipilih berdasarkan kemampuan akademik dan komunikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bantuan tutor sebaya efektif dalam memberikan pemahaman
matematis siswa, terutama dalam menjelaskan ulang konsep, mengklasifikasikan
objek berdasarkan persyaratan konsep, mengimplementasikan konsep secara
algoritmik, dan menyajikan contoh. Interaksi dengan tutor sebaya menciptakan
suasana belajar yang lebih nyaman dan mendorong siswa lebih aktif bertanya serta
berdiskusi. Dengan demikian, bantuan tutor sebaya terbukti efektif dalam
memberikan pemahaman matematis siswa pada materi pecahan. Penelitian ini dapat
menjadi referensi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif
dan interaktif di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Pecahan, Tutor Sebaya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27176 |