PENGARUH PERMAINAN LENGGARU (LEMPAR TANGGA SERU) BERBANTUAN QR CODE TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN SE-KOTA BENGKULU

Larasati,, Intan and Feri, Noperman and Neza, Agusdianita (2025) PENGARUH PERMAINAN LENGGARU (LEMPAR TANGGA SERU) BERBANTUAN QR CODE TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN SE-KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
PENGARUH PERMAINAN LENGGARU BERBANTUAN QR CODE TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA SDN KOTA BENGKULU_compre - Intan Larasati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Minat belajar siswa yang rendah dalam mata pelajaran IPAS menjadi tantangan
dalam pendidikan, seperti kurangnya keterlibatan siswa, metode pembelajaran yang
kurang menarik, dominasi permainan digital, serta keterbatasan dalam integrasi
media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
permainan Lenggaru (Lempar Tangga Seru) berbantuan QR Code terhadap minat
belajar IPAS siswa kelas V SDN Se-Kota Bengkulu. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental
design) menggunakan teknik The Matching Only Pre-test-Post-test. Sampel
penelitian terdiri dari kelompok eksperimen yang menggunakan permainan
Lenggaru (Lempar Tangga Seru) berbantuan QR Code dan kelompok kontrol
dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mean kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada pre-test relatif sama,
sedangkan mean pada post-test memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mean
pada post-test kelompok kontrol adalah 53,38 sedangkan mean pada pos-test
kelompok eksperimen adalah 61,12. Hasil uji independent sample t test pada pre-
test menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan diantara kedua
kelompok. Sedangkan, hasil uji independent sample t test pada post-test
menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 5,146 lebih besar dari ttabel yang bernilai
2,015 (df = 44, α = 0,05) dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang
berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa integrasi permainan tradisional lempar gelang dengan media
digital QR Code terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dengan
demikian, penggunaan permainan Lenggaru (Lempar Tangga Seru) berbantuan QR
Code direkomendasikan sebagai inovasi dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Kata kunci: Minat Belajar, Permainan Tradisional, Media Digital, QR Code,
Lenggaru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200