PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN H5P TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU

Azmi, Fadhil and Feri, Noperman and Nani, Yuliantini (2025) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN H5P TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKIRPSI_FADHIL AZMI_A1G020141 (2) - Fadhil Azmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran
H5P terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi penelitian ini adalah SD Negeri Gugus XI Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVB SDN 44 Kota Bengkulu
dan IV SDN 55 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil
belajar aspek kognitif berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest
dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif, analisis uji prasyarat, dan
analisis inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis inferensial bahwa nilai
thitung (2,139) > ttabel (1,674). Adapun nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05.
Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran IPAS kelompok eksperimen
(70,00) dan kelompok kontrol (61,67). Perbedaan nilai tersebut karena ada
perlakuan yang berbeda pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada
kelompok eksperimen diberi pembelajaran menggunakan media video
pembelajaran berbasis H5P sedangkan kelompok kontrol hanya menggunakan
tanya jawab lisan. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran H5P terhadap hasil belajar
IPAS kelas IV SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu.
Kata Kunci: IPAS, H5P, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200