PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENANAMKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VB SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU

Ariska, Fitiliza and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2025) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENANAMKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VB SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI (FITILIZA ARISKA_A1G021079)_0 - Fitiliza Ariska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator
dalam menanamkan sikap kepedulian sosial pada siswa kelas VB SD Negeri 09
Kota Bengkulu melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian
ini adalah wali kelas dan siswa kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data (data collection), reduksi
data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan
(conclusion). Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan member check.
Terdapat 5 indikator peran guru sebagai fasilitator dan 4 indikator sikap
kepedulian sosial. Secara keseluruhan guru telah berupaya untuk menjalankan
perannya sebagai fasilitator dalam menanamkan sikap kepedulian sosial siswa
melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila, walaupun terdapat salah satu
indikator yang menunjukkan hasil belum maksimal yakni tidak tersedianya
perangkat pembelajaran yang lengkap secara langsung seperti tidak adanya modul
ajar, dan bahan ajar yang digunakan yakni hanya buku pendamping pegangan
guru dan siswa yang telah disediakan oleh sekolah, walaupun demikian
pembelajaran tetap berjalan dengan aktif. Kesimpulan dari peran guru sebagai
fasilitator mampu meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa, dilihat dari ciri-
ciri yang mencerminkan bahwa siswa sudah menunjukkan perilaku bekerja sama
antar teman, menunjukkan empati terhadap sesama, ikut serta dalam aksi sosial,
dan menunjukkan perilaku rukun terhadap warga sekolah.
Kata kunci: Peran Guru Sebagai Fasilitator, Sikap Kepedulian Sosial,
Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27183

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200