Srikandi, Aisyah Mania and Neza, Agusdianita and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AISYAH MANIA SRIKANDI_A1G021092 - Aisyah Mania Srikandi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus XIX
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen kuasi dan desain yang digunakan adalah the matching only pretest-
posttest control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan cluster random sampling dengan sampel terdiri dari dua kelompok,
yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi dan kelompok kontrol dengan pendekatan saintifik. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes kemudian data dari penelitian ini dianalisis
menggunakan uji statistik. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kontrol
adalah sebesar 79,10 dan 69,23. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai sig. (2-
tailed) pada posttest adalah 0,000 (0,000 < 0,05), serta nilai thitung sebesar 4,269
lebih besar dari ttabel 1,680 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai
rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol yang disebabkan adanya
perlakuan yang berbeda pada setiap kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus XIX
Kota Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, matematika, siswa SD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27184 |