Putri, Aisyah and Neza, Agusdianita and Irfan, Supriatna (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Aisyah Putri_A1G021133 - Aisyah Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model
pembelajaran Group Investigation berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen
semu, serta desain Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu, dengan sampel kelas
VB SDN 61 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol (28 siswa) dan kelas VA SDN 82
Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen (22 siswa). Kelas kontrol menggunakan
model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan
model Group Investigation berbasis etnomatematika. Instrumen yang digunakan
berupa tes uraian. Analisis data mencakup analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji-
t. Hasil menunjukkan rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 22,86 dan posttest
48,21, sedangkan kelas eksperimen pretest-nya 20,45 dan posttest 64,55. Uji-t
menunjukkan nilai �ℎ����� > ������ (3,411 > 1,677) dan Sig. (2-tailed) = 0,001 <
0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata
hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen karena adanya perlakuan
yang berbeda antara kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan
kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation berbasis
etnomatematika. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation berbasis
etnomatematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas
V SD Gugus IX Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Etnomatematika,
Matematika, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27185 |