Oktaviani, Annisa and Irfan, Supriatna and Herman, Lusa (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 5 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANNISA OKTAVIANI - Annisa Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
berbantuan media canva terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN
5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen dan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 5 Kota
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random
Sampling, dengan sampel kelas IVC dan IVB SD Negeri 5 Kota Bengkulu.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan
bentuk soal essay berupa Pretest dan Posttest. Analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis uji
prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pada mata pelajaran matematika kelas eksperimen sebesar 68,27 dan kelas kontrol
sebesar 41,07. Dengan nilai uji-t yaitu Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05 dengan taraf
signifikan 5%, maka terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil
belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media canva terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 5 Kota Bengkulu.
Kata kunci : canva, hasil belajar, model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27186 |