PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IP AS MATERI BENTANG ALAM DI BENGKULU PADA SISWA KELAS 4 GUGUS XII KOTA BENGKULU

Sukma, Apriana and Herman, Lusa and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IP AS MATERI BENTANG ALAM DI BENGKULU PADA SISWA KELAS 4 GUGUS XII KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI APRIANA SUKMA_A1G021007_PGSD UNIB - apriana sukma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap
kemampuan pemahaman konsep IPAS materi bentang alam di Bengkulu pada
siswa kelas 4 gugus XII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode quasy experiment dan jenis desain penelitian The
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas 4 gugus XII Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas 4C SDN 20 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa
kelas 4B SDN 20 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah
lembar tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal
dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk soal pretest dan posttest. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji prasyarat (uji
normalitas dan homogenitas), dan uji inferensial/hipotesis. Hasil nilai rata-rata
posttest kelompok eksperimen adalah sebesar 80,00 sedangkan hasil nilai rata-rata
posttest kelompok kontrol adalah sebesar 70,31. Hasil uji hipotesis yang diperoleh
dari nilai rata-rata posttest dan diuji menggunakan uji-t independent sample t-test
menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed =
2,910 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 serta nilai distribusi ttabel adalah
2,000, sehingga thitung > ttabel (2,910 > 2,000) dan Sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifiikan terhadap pemahaman
konsep IPAS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan
oleh perlakuan kedua kelompok yang berbeda. Berdasarkan pengujian tersebut,
maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh media pop-up book terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS
materi bentang alam di Bengkulu pada siswa kelas 4 gugus XII Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Pop-Up Book, IPAS, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor