Syahputri, Devia Okta and Pebrian, Tarmizi and Atika, Susanti (2025) PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS V KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DEVIA OKTA SYAHPUTRI A1G021037 - Devia Okta Syahputri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKPD berbasis
Liveworksheet terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V
SDN Gugus V Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode quasy eksperimen dan menggunakan
desain penelitian The Macthing Only Pretest Posttest Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Gugus V Kota Bengkulu,
sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 09
Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VC SD
Negeri 09 Kota Bengkulu sebagai kelompok Kontrol yang diperoleh melalui
teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah menggunakan soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Hasil
uji Independent Sample t-test pada data posttest kelompok eksperimen dan kontrol
memperoleh nilai thitung 2,398 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,020. Adapun nilai
distribusi ttabel untuk df = 53 adalah 1,674 sehingga diperoleh nilai thitung (2,398) >
ttabel (1,674) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,020 yang artinya nilai tersebut lebih kecil
dar 0,05 atau (0,020 < 0,05). Berdasarkan data hasil perhitungan diperoleh hasil
penelitian yang menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh
rata-rata prestasi belajar di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang
disebabkan karena adanya perlakuan kedua kelas yang berbeda, yakni pada
kelompok eksperimen menggunakan E-LKPD berbasis Liveworksheet dan pada
kelompok kontrol tidak menggunakan E-LKPD berbasis Liveworksheet. Dapat
ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, yakni terdapat pengaruh E-LKPD berbasis
Liveworksheet terhadap hasil belajar pada aspek kognitif pada materi Norma
dalam Kehidupanku dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila peserta didik kelas
V SDN Gugus V Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, E-LKPD berbasis Liveworksheet, Norma
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27223 |