STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VA SDN 06 KOTA BENGKULU

Azzahra, Fathiya and Pebrian, Tarmizi and Atika, Susanti (2025) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VA SDN 06 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FIX FATHIYA AZZAHRA - Fathiya Azzahra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pendidikan
karakter sopan santun siswa Kelas V A SDN 06 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala
sekolah, guru kelas V A, dan 5 orang siswa kelas V A. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis melalui triangulasi dan
member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V A telah
mengimplementasikan strategi tersebut sesuai dengan indikator penelitian, yaitu
melalui keteladanan, pembiasaan, penegakan kedisiplinan, suasana kondusif,
integrasi dan internalisasi dan internalisasi, serta pembinaan. Dari strategi tersebut
guru kelas V A mampu meningkatkan sikap sopan santun pada siswa diantaranya
perilaku seperti mengucapkan salam, bertutur kata yang baik, tidak mengganggu
teman, meminta izin ketika meminjam barang, dan mengucapkan terimakasih
setelah menerima bantuan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi pendidikan
karakter sopan santun yang diterapkan pada siswa kelas V A SDN 06 Kota
Bengkulu mampu membentuk sikap sopan santun dalam diri siswa. Sehingga
strategi pendidikan karakter sopan santun di SDN 06 Kota Bengkulu masih bisa
ditingkatkan dan dikembangkan lagi agar nilai-nilai sopan santun dapat
diimplementasikan secara maksimal oleh siswa khususnya pada siswa kelas V A
SDN 06 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pendidikan karakter, sopan santun, keteladanan, pembiasaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:08
Last Modified: 03 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200