PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBUATAN KARYA BUBUR KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA SISWA KELAS IV GUGUS XII KOTA BENGKULU

Jannah, Miftahul and Dwi, Anggraini and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBUATAN KARYA BUBUR KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA SISWA KELAS IV GUGUS XII KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
skripsi mifta fiks_compressed - Miftahul Jannah 0803.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam
pembuatan karya bubur kertas terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa siswa
kelas IV Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode Quasy Experiment dengan desain The Matching Only Posttest Control
Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus XII Kota
Bengkulu. Adapun sampel siswa kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu sebagai
kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 35 Kota Bengkulu sebagai kelas
kontrol yang diperoleh melalui teknik sampel Cluster Random Sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara nilai posttest kelas kontrol dan
kelas eksperimen dalam penggunaan metode demonstrasi. Hasil tersebut dibuktikan
dari nilai uji Mann-Whitney U Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000
< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Perbedaan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh
terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa siswa kelas IV Gugus XII Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: Seni rupa, Karya Bubur Kertas, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Keterampilan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:08
Last Modified: 03 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27227

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200