PENGARUH MEDIA PUZZLE “PETA NUSANTARA” TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU

Nabila, Nanda Rahma and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2025) PENGARUH MEDIA PUZZLE “PETA NUSANTARA” TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Nanda - nanda nabila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle
“Peta Nusantara” terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV
SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian
The Matching Only Pretest-Posttest Group Design. Populasi pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus XIX. Sampel pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan
peserta didik kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen
penelitian menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis inferensial yaitu uji-
t. Hasil Posttest di kedua kelompok menunjukkan perbedaan nilai rata-rata,
dikelompok ekperimen sebesar 60,43 dan dikelompok kontrol sebesar 51,68. Hasil
uji Independent Sample t-test pada data posttest kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol memperoleh ttabel adalah 2,270 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,028.
Adapun nilai distribusi untuk df = 46 adalah 1,679 sehingga diperoleh nilai thitung <
ttabel yakni (2,270 > 1,675) dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,028 < 0,05. Berdasarkan
data tersebut, maka dapat ditarik Kesimpulan bahwa Ha diterima yang artinya
terdapat perbedaan pada nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media Puzzle “Peta Nusantara” terhadap hasil belajar pendidikan
Pancasila peserta ddik kelas IV SD Gugus XIX Kota Bengkulu.
Kata kunci: Media Puzzle, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:08
Last Modified: 03 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200