Putri, Tria Oktaviani and Nani, Yuliantini and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TRIA OKTAVIANI PUTRI BISMILLAH - Tria oktaviani putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media Wordwall Games terhadap hasil belajar siswa
pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experiment dan desain penelitian The
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas 4 SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Sampel diambil
menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas IVB SDN 81 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 60 Kota Bengkulu sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes berbentuk pilihan ganda
berjumlah 10 soal yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dari hasil
uji-t posttest menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,005 lebih kecil dari 0,05 yang
menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perlakuan pembelajaran
yang berbeda, dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media Wordwall Games sedangkan pada kelas
kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
Media Wordwall Games terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas IV SD.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Wordwall Games, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27231 |