Anjarsari, Wenni and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WENNI ANJARSARI_A1G021139 - Wenni Anjarsari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based
Learning (PBL) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan
masalah peserta didik kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain penelitian
The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. SDN Gugus XIV Kota
Bengkulu adalah populasi dalam penelitian ini dan kelas IV SD Negeri 45 Kota
Bengkulu dan kelas IVA SD Negeri 42 Kota Bengkulu merupakan sampel dalam
penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil
kemampuan pemecahan masalah dengan bentuk soal uraian yang terdiri dari 5 soal
dengan menggunakan teknik pretest dan posttest. Jenis teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05
dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pada kelas eksperimen
sebesar 80,84 dan kelas kontrol sebesar 62,43 dengan perbedaan nilai rata-rata 18,4.
Pada hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel (5,008>1,683), hal ini dikarenakan
perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning (PBL)
berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik
kelas IV SDN Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Problem-Based Learning, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan
Masalah, Pengaruh Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27232 |