STUDI DESKRIPTIF PEMANFATAAN POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU

Sari, Intan Purnama and Abdul, Muktadir and Herman, Lusa (2025) STUDI DESKRIPTIF PEMANFATAAN POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_A1G021013_ Intan Purnama Sari - Intan Purnama sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan pojok baca di kelas
II sekolah dalam upaya meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri 25 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Dengan subjek penelitian guru wali kelas II, kepala sekolah dan siswa kelas II
yang berjumlah 3 siswa. Instumen penelitian yang digunakan adalah pedoman
observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pojok baca dimanfaatkan oleh siswa kelas II untuk berbagai kegiatan membaca,
seperti membaca buku cerita, buku pengetahuan, dan majalah anak. Ketersediaan
koleksi buku yang menarik dan suasana pojok baca yang nyaman memberikan
kontribusi positif terhadap keterlibatan siswa dalam kegiatan membaca. Observasi
juga menunjukkan adanya peningkatan frekuensi siswa mengunjungi pojok baca
dan menunjukkan antusiasme yang lebih besar terhadap kegiatan membaca setelah
adanya pojok baca di kelas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan
pojok baca di kelas II memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat
baca siswa. Keberadaan pojok baca yang dilengkapi dengan koleksi buku yang
beragam dan suasana yang mendukung menciptakan lingkungan belajar yang
kondusif untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa sejak dini. Oleh
karena itu, keberadaan dan pengelolaan pojok baca di kelas perlu terus
dioptimalkan sebagai salah satu strategi efektif dalam meningkatkan literasi siswa.
Kata kunci: Pojok Baca, Minat Baca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:08
Last Modified: 03 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27233

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200