KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI P5 TAHAP PENGENALAN DAN KONTEKSTUALISASI TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA SDN 52 KOTA BENGKULU

Sakdiyah, Halimatus and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2025) KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI P5 TAHAP PENGENALAN DAN KONTEKSTUALISASI TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA SDN 52 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Halimatus Sakdiyah_A1G021024_compressed_compressed_compressed - Halimatus Sakdiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter gotong royong melalui P5
tahap pengenalan dan kontekstualisasi tema gaya hidup berkelanjutan dalam
pembelajaran seni rupa di kelas VC SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Lokasi dalam
penelitian ini adalah SDN 52 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru wali kelas VC dan seluruh siswa kelas VC SDN 52 Kota Bengkulu.
Instrumen penelitian yakni lembar observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data melalui pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah karakter gotong
royong siswa melalui P5 yang difokuskan pada tahap pengenalan dan
kontekstualisasi. Siswa membuat pot bunga yang termasuk dalam tema gaya hidup
berkelanjutan dan juga siswa membantu teman lainnya untuk tetap mengerjakan
tugas kelompok bersama-sama sehingga siswa dapat mengetahui perannya dalam
kelompok. Dalam setiap tahap pelaksanaan P5, siswa diajarkan pentingnya gotong
royong antar sesama. Sehingga kesimpulan yang didapatkan yaitu melalui kegiatan
P5 dapat menguatkan karakter gotong royong siswa. Dilihat dari tahap pengenalan
dan kontekstualisasi siswa telah menunjukkan sikap kolaborasi, kepedulian dan
berbagi.
Kata kunci: Karakter Gotong Royong, P5, Gaya Hidup Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:08
Last Modified: 03 Oct 2025 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200