Nabila, Hazizah Putri and Irfan, Supriatna and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_HAZIZAH PUTRI NABILA_UNIB_compressed - Hazizah Nabila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV Gugus XIV
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode eksperimen
semu. Dengan desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus
XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 42
Kota Bengkulu dan kelas kontrol ialah siswa kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu.
Teknik pengambilam sampel menggunakan Claster Random Sampling. Intrumen
penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis
berbentuk soal uraian berupa Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, uji
prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata posttest pada kelas eksperimen
sebesar 77,90 dan kelas kontrol sebesar 57,86, sehingga rata-rata kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan
kelas kontrol (77,90 > 57,86). Hasil tersebut ditunjukkan dari nilai distribusi tabel
berdasarkan df = 41 dengan derajat signifikansi (5%) = 1,683. Sehingga nilai thitung
> ttabel (5,786 > 1,683) dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,005. Maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project
Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas
IV Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model PjBL, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27236 |