Fikaris, Muhammad Gatra and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2025) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKUNTANSI PERPAJAKAN PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Muhammad Gatra Fikaris C1C018129 - Andre Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Kemajuan teknologi digital yang begitu pesat telah membawa perubahan
besar di berbagai bidang, khususnya bidang pendidikan. Salah satu hasil dari
perkembangan teknologi ini adalah media sosial. Awalnya, media sosial hanya
digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh, tetapi saat ini juga dapat menjadi
sumber informasi dan alat pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran khususnya
akuntansi perpajakan, media sosial dapat membantu mahasiswa dalam memahami
konsep-konsep yang rumit.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran media sosial dalam
meningkatkan pemahaman akuntansi perpajakan dengan menggunakan theory of
planned behavior. Dengan melakukan survey pada mahasiswa S1 Akuntansi
Universitas Bengkulu maka diperoleh 50 responden yang akan menjadi sampel
penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan
data primer menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan berupa pernyataan
tertulis dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini diuji menggunakan analisis
regresi linier berganda menggunakan SPSS 25.0 for windows.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Mahasiswa S1 Akuntansi
Universitas Bengkulu serta dianalisis secara statistik, maka hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran media sosial berpengaruh positif dalam meningkatkan
pemahaman akuntansi perpajakan pada mahasiswa S1 Akuntansi.
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi Universitas
Bengkulu terutaman Prodi S1 Akuntansi sebagai institusi pendidikan agar dapat
mengintegrasikan media sosial dalam metode pengajaran akuntansi perpajakan.
Keterbatasan pada penelitian ini yaitu aspek waktu pelaksanaan yang relatif
singkat. Keterbatasan ini mempengaruhi kedalaman terhadap penggunaan media
sosial sebagai sarana pembelajaran akuntansi perpajakan. Peneliti selanjutnya
diharapkan dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang agar dapat menggali
perubahan pemahaman mahasiswa secara lebih menyeluruh dan dinamis.
Kata Kunci : Pemahaman Akuntansi Perpajakan, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:11 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27251 |