Maryansyah, Yupika and Badeni, Badeni and Alamsyah, Harahap (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH READING COMPREHENSION BERBASIS MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING DENGAN PENDEKATAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS Yupika Maryansyah - Yupika Maryansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul mata kuliah reading
comprehension dengan MALL dengan pendekatan PjBL untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Research
and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate). Penelitian dilakukan terhadap 3 orang dosen dan 160 mahasiswa
yang berasal dari 2 Universitas di Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian ini
mengevaluasi tiga aspek utama: desain, kelayakan, dan efektivitas. Pertama,
desain e-modul reading comprehension berbasis MALL dengan pendekatan PjBL
dikembangkan menggunakan teknologi Canva, yang menghasilkan pengalaman
belajar yang menarik, visual yang menyenangkan secara estetika, dan
interaktivitas yang tinggi. Desainnya disesuaikan agar selaras dengan tuntutan
pembelajaran reading comprehension, terutama dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis melalui konten yang menarik dan terstruktur. Kedua, kelayakan
bahan ajar divalidasi oleh para ahli di bidang materi dan media, dan mencapai
peringkat kelayakan sebesar 92,35%, mengkategorikan materi sesuai untuk
penggunaan pendidikan. Ini menegaskan bahwa materi tersebut memenuhi standar
ilmiah yang dipersyaratkan dan dapat diimplementasikan secara efektif dalam
lingkungan pendidikan. Ketiga, efektivitas bahan ajar yang dikembangkan
dianalisis menggunakan two-way Anova dengan desain randomized Solomon four
group, yang menghasilkan skor rata-rata tertinggi 81,86 untuk kelompok yang
diberikan pre-test, perlakuan, dan post-test, dan 78,43 untuk kelompok yang
diberikan perlakuan dan post-test. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini berkontribusi
secara teoritis dengan memberikan bukti empiris yang mendukung efektivitas
pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi dengan pendekatan PjBL dalam
pengajaran reading comprehension. Secara praktis, e-modul ini berfungsi sebagai
alternatif yang inovatif dan relevan untuk pendidikan tinggi, membekali
mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis yang sangat penting baik di dunia
akademik maupun di dunia kerja.
Kata kunci: E-modul, Reading Comprehension, Mobile Assisted Language
Learning (MALL), Project-based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor of Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:29 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27261 |