Aynia, Sovi and Ridha, Rizki Novanda and Satria, Putra Utama (2024) ANALISIS KOMPARASI EFEKTIVITAS PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN FAKTOR YANG BERPENGARUH (Studi Kasus Pada Akun Instagram Dan Tiktok Syarah Bakery Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.
SIAP CETAK SKRIPSI_SOVI AYNIA_E1D020002 - Sovi Aynia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Media sosial merupakan sarana yang digunakan oleh masyarakat yang
memungkinkan penggunanya berinteraksi, berbagi informasi, hingga bertukar pikiran, dapat
juga dijadikan sarana pemasaran. Media sosial telah dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk
memperluas pangsa pasar dengan mempromosikan produknya melalui media sosial. Sebagai
sektor yang berpotensi ekonomi yang besar bagi Indonesia, untuk mewujudkan media
pemasaran yang efektif sudah sepatutnya Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil
Menengah (IKM sadar akan penggunaan teknologi agar dapat memperluas pangsa pasar
(Isnanda et al., 2018).
IKM Syarah Bakery merupakan usaha yang bergerak di bidang cake dan bakery.
Ragam produk dari Syarah Bakery yaitu cake, roti, donat, round cake, cookies, dessert, snack
manis, pastry, drink, mini cake, dan snack asin. Aneka produk Syarah Bakery telah
tersertifikasi halal. Keunggulan IKM ini yaitu dikenal sebagai salah pusat oleh-oleh Provinsi
Bengkulu sebagai specialist olahan durian. IKM Syarah Bakery sudah mengikuti berbagai
kegiatan event bazar entrepreneur dan memperoleh penghargaan pada berbagai ajang
penghargaan yang diikuti tersebut. Fenomena terkait maraknya penggunaan media sosial
sebagai media promosi dan perbedaan yang ada pada implementasi promosi yang dilakukan
oleh Syarah Bakery pada Instagram dan TikTok berkaitan dengan efektivitas promosi yang
dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis komparasi efektivitas promosi Syarah
Bakery di media sosial pada Instagram dan TikTok menggunakan model AIDA dan
menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas promosi di media sosial Syarah
Bakery. Penelitian dilakukan kepada 100 followers media sosial Syarah Bakery. Metode
analisis yang digunakan yaitu model AIDA untuk mengukur tingkat efektivitas promosi pada
masing-masing media yang digunakan dan pendekatan SEM (Structural Equation Model)
dengan model persamaan Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis faktor yang
berpengaruh terhadap efektivitas promosi di sosial media yang digunakan. Hasil analisis
menunjukkan bahwa pada media sosial Instagram lebih sangat efektif dalam promosi Syarah
Bakery melalui media sosial dengan nilai efektivitas sebesar 84,34% (sangat efektif) dan
nilai efektivitas promosi pada TikTok sebesar 80,39% (sangat efektif). Daya tarik, frekuensi
penayangan, dan respon konsumen berpengaruh signifikan terhadap efektivitas promosi
Syarah Bakery dimedia sosial, sedangkan sikap konsumen tidak berpengaruh signifikan
terhadap efektivitas promosi Syarah Bakery di media sosial.
Kata Kunci : Efektivitas Promosi, Komparasi, AIDA, SEM-PLS.
(Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:20 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 03:20 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27264 |

