Selfis, Aria and Agus, Susanta and Hari, Sumardi (2025) PENGEMBANGAN SOAL GEOMETRI BERBASIS AKM DENGAN KONTEKS RUMAH IBADAH KOTA LUBUKLINGGAU PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ANNAJIYAH LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Aria Lengkap_compressed (1) - Aria Selfis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Soal Geometri Berbasis AKM
dengan Konteks Rumah Ibadah Kota Lubuklinggau Pada Siswa Kelas VIII yang
valid, Reliabel, memenuhi kriteria daya pembeda, tingkat kesukaran sesuai
kebutuhan, praktis, dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model Plomp dengan tahapan yaitu fase penelitian awal (prelimenary
research Phase), fase pengembangan (prototyping phase), dan fase penilaian
(assessment phase). prosedur pengembangan pada penelitian mengacu pada
evaluasi formatif Tessmer (Plomp, 2013), dengan tahap yaitu tahap self evalution
,tahap penilaian expert review, tahap evaluasi one to one, tahap small group, dan
tahap field test. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas, kepraktisan,
dan efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Analisis validasi
soal AKM menggunakan teknik analisis angket validasi dengan Aiken’s V, (2)
Analisis kepraktisan Soal AKM menggunakan teknik kecenderungan berdasarkan
hasil dari lembar kepraktisan peserta didik, (3) Analisis efektifitas soal AKM
ditinjau dari hasil belajar peserta didik pada nilai uji Small Group. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa soal geometri berbasis AKM dengan konteks rumah ibadah
Kota Lubuklinggau termasuk dalam kategori: (1) Sangat valid berdasarkan 15
aspek penilaian yang terdiri dari 5 aspek penilaian konten, 5 aspek penilaian
konstruk, dan 5 aspek penilaian bahasa, mendapatkan nilai validasi sebesar
0,817778 dengan kriteria kevalidan “sangat tinggi” (2) sangat praktis berdasarkan
10 aspek penilaian kepraktisan, dengan nilai persentase sebesar 81,5% dengan
kriteria setuju, (3) efektif berdasarkan hasil uji Small Group dengan persentase
sebesar 67%. Temuan ini menunjukkan bahwa soal geometri berbasis AKM
dengan konteks rumah ibadah Kota Lubuklinggau memenuhi kriteria validitas,
kepraktisan, dan efektivitas, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan
sebagai instrument test pembelajaran matematika dalam meningkatkan
kemampuan Numerasi peserta didik.
Kata Kunci: Soal AKM, Soal Geometri, Model Plomp, Kemampuan Numerasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:53 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27292 |