Tussadiah, Halimah and Reflis, Reflis and Agung, Tri Susilo (2024) PENGARUH DAYA TARIK, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT KUNJUNG KEMBALI WISATAWAN DI AGROWISATA KAMPOENG DURIAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Full Halimah Tussadiah-dikompresi - Halimah tussadiah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Menurut Nurisjah (2001) Agrowisata dikenal sebagai Pertanian Wisata, didefinisikan
sebagai jenis kegiatan rekreasi yang menggunakan lokasi atau industri tertentu, dari awal
produksi hingga akhir proses dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman,
dan inovasi dalam bidang Pertanian. Pendapat yang sama disampaikan oleh Palit dkk (2017)
bahwa Agrowisata adalah wisata yang menggunakan alam serta potensi usaha pertanian
sebagai objek rekreasi yang di dalamnya terdapat teknologi pertanian, komoditas pertanian
berupa persiapan lahan, pemeliharaan, pemanenan, pengolahan hasil panen sampai siap
dipasarkan. Agrowisata merupakan wisata yang bertujuan untuk menambah ilmu
pengetahuan, pengalaman dalam bidang pertanian serta membantu meningkatkan nilai
tambah pertanian serta kesejahteraan warga sekitarnya.
Penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Agrowisata
Kampoeng Durian. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2022 sampai dengan
Desember 2023. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh pengunjung yang sedang
berada di kawasan Agrowisata Kampoeng Durian, sehingga sampel yang digunakan diambil
dengan rumus MOE (Margin Of Error) yang di diperoleh sebesar 96,04 responden lalu
dibulatkan menjadi 100 responden karena jika salah satu kuesioner terdapat data yang
kurang valid maka bias menggunakan isian kuesioner yang lebih tersebut. Penelitian ini
menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah
Analisis Regresi Linier Berganda.
Pada Tujuan pertama diperoleh hasil bahwa dari analisis deskriptif kuantitatif variable
daya tarik, promosi, persepsi harga, dan minat kunjung kembali diperoleh hasil yang dilihat
dari rentang skala diketahui bahwa variable daya tarik, promosi, persepsi ahrga dan minat
kunjung kembali wisatawan masuk ke dalam kategori baik dan pada hasil analisis regresi
linier berganda diperoleh bahwa variable daya tarik, promosi dan persepsi harga
berpengaruh secara positif terhadap minat kunjung kembali.
Kata Kunci : Agrowisata, Daya Tarik, Promosi, Persepsi Harga, Minat Kunjung Kembali
(Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:51 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 03:51 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27301 |

