ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SALAD BUAH PADA RUMAH SALAD DI KOTA LUBUKLINGGAU

GULTOM, IMELDA GORETI and Redy, Badrudin and Ellys, Yuliarti (2024) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SALAD BUAH PADA RUMAH SALAD DI KOTA LUBUKLINGGAU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI LEMBAR HIJAU_IMELDA GORETI GULTOM_E1D019037 - Imelda Gultom.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Salah satu produk UMKM yang ada di Kota Lubuklinggau adalah salad buah
Rumah Salad. Salad buah Rumah Salad adalah sajian makanan dimana bahan utamanya
campuran dari berbagai jenis buah-buahan yang dipotong dadu kemudian dicampur
menjadi satu dan diberi dressing. Preferensi konsumen adalah pilihan konsumen untuk
menyukai atau tidak menyukai suatu produk baik barang atau jasa yang akan digunakan.
Pemahaman akan preferensi konsumen dapat digunakan kemudian untuk merumuskan
strategi penjualan maupun pengolahan produk agar mempertahankan kualitasnya agar tetap
diminati oleh pembeli. Preferensi konsumen dipengaruhi oleh atribut-atribut yang menjadi
ciri khas dalam salad buah tersebut. Atribut yang dilihat dari salad buah sebagai produk
olahan buah-buahan meliputi varian buah, harga, topping, isi (volume), dan tempat. Atribut
pada salad buah akan digunakan dalam penelitian sebagai indicator penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi atribut yang menjadi
preferensi konsumen salad buah pada Rumah Salad di Kota Lubuklinggau dan untuk
menganalisis atribut mana yang paling dipertimbangkan sebagai preferensi konsumen
salad buah pada Rumah Salad di Kota Lubuklinggau.
Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara Accidental Sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetuan, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan
kriteria yang telah ditentukan dapat digunakan sebagai sampel. Perhitungan dengan rumus
Cochran menghasilkan jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100
responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
Conjoint.
Hasil penelitian menunjukkan kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen
salad buah pada Rumah Salad di Kota Lubuklinggau berdasarkan nilai kegunaan (utilitas)
adalah salad buah dengan varian buah 1, harga Rp10.000, dengan topping keju, isi
(volume) 300 ml, dan tempat yang nyaman. Atribut yang paling dipertimbangkan sebagai
preferensi konsumen salad buah pada Rumah Salad di Kota Lubuklinggau adalah atribut
harga.
Kata Kunci: Salad Buah, Preferensi Konsumen, Analisis Conjoint
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:53
Last Modified: 03 Oct 2025 03:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor