lestari, Lili and Rini, Indriani (2025) PENERAPAN AKUNTANSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 196 BENGKULU UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI LILI LESTARI_c1c0180131 - Lili Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya transparansi dan akuntabilitas
dalam pengelolaan keuangan di sektor pendidikan, khususnya di sekolah dasar negeri. Akuntansi
pendidikan membantu sekolah dalam merencanakan, mencatat, dan melaporkan aktivitas
keuangan dengan baik.
Akuntansi pendidikan adalah cabang akuntansi yang berfokus pada pencatatan,
pelaporan, dan analisis transaksi keuangan di dalam institusi pendidikan. Tujuan utama dari
akuntansi pendidikan adalah untuk memastikan penggunaan dana yang efisien, transparan, dan
akuntabel di lembaga pendidikan, baik itu di sekolah, universitas, atau jenis lembaga lainnya.
Hal ini termasuk mengelola anggaran pendidikan, pendapatan dan pengeluaran dan pelaporan
keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang relevan. Akuntansi pendidikan
memungkinkan institusi pendidikan untuk mengelola sumber daya keuangan dengan lebih baik,
mengambil keputusan dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di Sekolah Dasar
Negeri 196 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara pihak
sekolah, dokumentasi serta observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Negeri 196 Bengkulu Utara
menggunakan basis akrual sesuai standar pemerintah yang telah ditetapkan. Untuk pelaksanaan
siklus akuntansinya sendiri, sekolah telah mencatat setiap transaksi ke dalam buku kas harian dan
ix
menyusun jurnal kas. Namun mereka belum melakukan penyusunan untuk buku besar, neraca,
laporan arus kas, dan laporan keuangan lengkap.
Berdasarkan penelitian tersebut di simpulkan bahwa Sekolah Dasar Negeri 196
Bengkulu Utara telah menerapkan basis akrual, namun belum sepenuhnya menjalankan siklus
akuntansi secara lengkap. Lalu masih ada kelemahan pada penyusunan laporan keuangan yang
berdampak pada akuntabilitas dan transparansi. Kemudian, disarankan kepada pihak sekolah
untuk menerapkan laporan sesuai ISAK 335 untuk entitas nirlaba, melatih staf keuangan tentang
akuntansi dan pemeriksaan dan evaluasi internal sebaiknya dilakukan secara rutin.
Kata Kunci : Akuntansi pendidikan, basis akrual, laporan keuangan sekolah, ISAK 335, Sekolah
Dasar Negeri 196 Bengkulu Utara
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27325 |