GAMBARAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN DIIRINGI MUSIK

RAMADANIA, YESSA PUTRI and Esti, Sorena and Titin, Aprilatutini (2025) GAMBARAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN DIIRINGI MUSIK. Diploma thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
LTA YESSA PUTRI RAMADANIA - yessaputri ramadania.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan warna merupakan aspek fundamental dalam perkembangan kognitif
anak usia dini, khususnya pada fase praoperasional (3-4 tahun) dimana anak mulai
mengenali simbol termasuk warna dasar. Kemampuan anak untuk mengenal warna
dapat berkembang secara optimal jika diberikan stimulasi sejak usia dini, salah
satunya melalui kegiatan bermain karena pada dasarnya dunia anak-anak adalah
dunia permainan. Metode bernyanyi merupakan salah satu cara pembelajaran yang
paling disukai oleh anak-anak. Menggunakan metode bernyanyi, anak akan lebih
menikmati proses belajar mengenai konsep warna. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat kemampuan mengenal warna pada anak usia dini 3-4 tahun melalui metode
bernyanyi dengan diiringi musik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kuantitatif dengan desain observasi pra pembelajaran dan pasca
pembelajaran setelah tiga minggu. Teknik pengambilan sampel menggunakan total
sampling dengan jumlah 31 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi
menggunakan lembar checklist yang terdiri dari 16 aspek penilaian kemampuan
mengenal warna, dengan kategori penilaian baik (38–48), cukup (27–37), dan
kurang (16–26). Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak
berada dalam kategori kurang (61,2%), sebagian dalam kategori cukup (38,8%),
dan tidak ada yang termasuk dalam kategori baik (0%). Setelah dilakukan
pembelajaran dengan metode bernyanyi selama tiga minggu, hasil observasi
menunjukkan peningkatan signifikan, yaitu 93,5% anak berada pada kategori baik
dan 6,5% pada kategori cukup, serta tidak ada lagi anak dalam kategori kurang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bernyanyi dengan iringan musik
efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini. Metode
ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta mampu
merangsang perkembangan kognitif melalui pendekatan multisensorik.
Kata kunci: Anak usia dini, Metode bernyanyi, Pengenalan warna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Diploma Nursing
Depositing User: Oka Ariani S.IPust
Date Deposited: 03 Oct 2025 04:27
Last Modified: 03 Oct 2025 04:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200