HUBUNGAN PROMOSI PADA PLATFORM INSTAGRAM TERHADAP INDIKATOR KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMKM FAFANA FROZEN FOOD

Jama, Ramiko and Nola, Windirah and Ridha, Rizki Novanda (2024) HUBUNGAN PROMOSI PADA PLATFORM INSTAGRAM TERHADAP INDIKATOR KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMKM FAFANA FROZEN FOOD. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Ramiko Jama S.P Selesai - RAMIKO JAMA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Media sosial adalah alat pemasaran yang digunakan oleh para pengusaha untuk menarik
pelanggan dengan menampilkan barang dan jasa mereka. Promosi adalah proses
komunikasi antara penjual dan pembeli. Untuk mencapai tujuan promosi dapat digunakan
konsep AIDA (perhatian), (ketertarikan), (keinginan), dan (tindakan pembelian). Promosi
yang dilakukan di instagram dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini dilakukan pada UMKM Fafana frozen food bertujuan: (1)Menganalisis
tingkat promosi pada platform instagram UMKM Fafana frozen food(2)Menganalisis
hubungan tingkat promosi melalui platform instagram terhadap indikator keputusan
pembelian Di UMKM Fafana frozen food.
Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel responden, dengan
jumlah responden sebanyak 96. Data primer dan sekunder, termasuk data kualitatif dan
kuantitatif, dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Analisis data
dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS 23 pakai uji Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat promosi pada platform instagram UMKM
Fafana frozen food pada tahap Attention termasuk dalam kategori sedang, pada tahap
Interest termasuk dalam kategori tinggi, pada tahap Desire termasuk dalam kategori tinggi,
dan pada tahap Action termasuk dalam kategori tinggi; (2)hubungan tingkat promosi
menggunakan AIDA terhadap Indikator Keputusan Pembelian di variabel Attention dan
Interest memiliki hubungan yang signifikan dengan kekuatan cukup terhadap indikator
keputusan pembelian, sedangkan pada variabel Desire dan Action memiliki hubungan yang
signifikan dengan kekuatan kuat terhadap indikator keputusan pembelian. Sebagai
rekomendasi, UMKM Fafana frozen food seharusnya dapat memberikan atau menampilkan
testimoni dan review produk dari konsumen.
Kata Kunci: Tingkat Promosi, AIDA, Indikator Keputusan Pembelian
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:34
Last Modified: 03 Oct 2025 08:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27365

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor