Agustina, Laila and Agus, Susanta and Osa, Juarsa (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN DATAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS LAILA AGUSTINA - Laila Agustina Binti Syafriadi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada materi bangun
datar yang dirancang menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL)
dengan bantuan media geoboard, guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa
kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan
model ADDIE yang mencakup tahap analisis, perancangan, pengembangan,
penerapan, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SD
Negeri 8 Bingin Teluk. Data dikumpulkan melalui lembar validasi oleh para ahli,
angket respon pengguna, serta tes hasil belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan
bahwa bahan ajar tergolong sangat valid dari segi materi, bahasa, dan desain. Selain
itu, respon guru dan siswa terhadap bahan ajar sangat positif. Uji efektivitas
menunjukkan bahwa bahan ajar ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa
dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,67 yang berada pada kategori sedang.
Dengan demikian, bahan ajar berbasis PBL dengan dukungan media geoboard ini
layak digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah
dasar untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Kata Kunci: bahan ajar, pembelajaran berbasis masalah, geoboard, hasil belajar,
bangun datar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27437 |