Yanti, Balida Luvitsari Fitri and Agus, Susanta and Osa, Juarsa (2025) PENGEMBANGAN LKPD MATERI PENGUKURAN BERBASIS RME KONTEKS MAKANAN OLAHAN DURIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BAB 1-5 BALIDA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS-dikompresi - Balida Luvitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pengukuran
berat dan volume menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku untuk
meningkatkan hasil belajar kognitif Matematika. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model
four D Models (model 4-D) yang terdiri atas empat tahap, yaitu pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu
data kuantitatif merupakan menggunakan angket skor penilaian yang diberikan oleh
validator sedangkan data kualitatif merupakan komentar dan saran dari validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik LKPD memuat langlah-
langkah RME yaitu, langkah memahami masalah kontesktual pada sintaks orientasi
peserta didik pada masalah, langkah menjelaskakan masalah kontesktual pada
sisntaks mengorganisasikan peserta didik langlah menyelesaikan masalah pada
sintaks membimbing observasu kelompok, langkah membandingkan dan
mendiskusikan jawaban pada sintaks mengembangkan serta menyajikan hasil,
langkah menyimpulkan pada sintaks menganalisis dan mengavaluasi. Kelayakan
LKPD berdasarkan validasi ahli materi diperoleh skor 0,67, validasi bahasa sebesar
0,83 dan validasi desain sebesar 0,92. Respon pengguna terhadap siswa diperoleh
persentase sebesar 95%. Hasil pretest diperoleh skor sebesar 6,17, sementara hasil
posttest diperoleh skor sebesar 8,10. Hasil uji N-Gain berdasarkan pemahaman
sains level kognitif C3 sebesar 79%, level kognitif C4 sebesar 75% dan level
kognitif C5 diperoleh persentase sebesar 74%.
Kata Kunci: LKPD, RME, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27444 |