PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PROFIL KARAKTER GOTONG ROYONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Awdiani, Dhea Putri and Osa, Juarsa and Endang, Widi Winarni (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PROFIL KARAKTER GOTONG ROYONG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS DHEA PUTRI AWDIANI_A2G023006_compressed (1) - Ari Ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis model PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan profil
karakter gotong royong pada mata pelajaran pendidikan pancasila di sekolah
dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima
tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis data
yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu data kuantitatif
menggunakan angket skor penilaian yang diberikan oleh validator sedangkan data
kualitatif merupakan kritik serta saran dari validasi ahli. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai pretest dan posttest menunjukan peningkatan dengan
hasil rata-rata pretest sebesar 57,2 dan rata-rata posttest sebesar 84,8 serta hasil uji
N-Gain Score juga menunjukan rata-rata yang diperoleh sebesar 76,60 dengan
kategori tinggi. Dengan demikian LKPD berbasis model PBL dapat digunakan
sebagai bahan ajar yang layak untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan
profil karakter gotong royong dengan hasil persentase menghargai 93,74%, tolong
menolong 90,62% dan empati 92,84%.
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, LKPD, Model PBL, Karakter Gotong
Royong, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200