Anggraini, Silvia Ria and Agus, Susanta and Gumono, Gumono (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TANGRAM PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
UNIVERSITAS SILVIA RIA ANGGRAINI_compressed - Silvia Rasyid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan
media tangram untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV
Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model 4-D, yang meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan
diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan
memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Validasi oleh ahli materi,
desain, dan bahasa menunjukkan nilai rata-rata di atas 0,80, yang dikategorikan
sangat valid. Kepraktisan LKPD dinyatakan baik dengan respon peserta didik
mencapai 89,95% dan guru 92,31%. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa mencapai 62,64%, yang tergolong cukup efektif. Dengan demikian,
LKPD Matematika berbasis PBL berbantuan tangram terbukti efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV.
Kata Kunci : LKPD Matematika, Problem Based Learning, Tangram
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Elementary Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27452 |