Juniarsih, Riza and Sudarwan, Danim and Sumarsih, Sumarsih (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR RAMAH ANAK (Studi Kasus Di SMA NEGERI 2 MUSI RAWAS UTARA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS RIZA JUNIARSIH - Riza Juniarsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai
motivator dalam menciptakan lingkungan belajar ramah anak, penerapan dan
implikasinya. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Tehnik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan interatif
model dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan
simpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran kepala sekolah dalam menciptakan
lingkungan belajar ramah anak dilakukan dengan menjalin komunikasi terbuka dan
fleksibel dengan guru, siswa, dan wali siswa. melengkapi sarana prasarana yang
mendukung terselengaranya pembelajaran yang nyaman dan aman, memberikan
dorongan kepada guru melaksananakan pembelajaran yang memberikan
kesempatan siswa untuk aktif dan kreatif, memperhatikan pemenuhan hak siswa,
kepala sekolah dan guru memberikan keladanan dalam mentaati aturan sekolah,
membina potensi sesuai karakteristik siswa, dan kepala sekolah memberikan
penghargaan bagi guru siswa berprestasi sebagai apresiasi kontribusinya dalam
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman dan kreatif.
Kata kunci: Kepala sekolah, motivator, sekolah ramah anak
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:38 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 04:38 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27494 |

