SRIYANTI, ECHA and Muhammad, Kristiawan and Asti, Putri Kartiwi (2025) EVALUASI PROGRAM SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DALAM MENGATASI KASUS BULLYING DI SMP NEGERI SIDOHARJO KABUPATEN MUSI RAWAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
perpustakaan universitas - 367_Echa Sriyanti_ Musi Rawas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis evaluasi program Social Emotional
Learning dalam mengatasi kasus Bullying di SMP Negeri Sidoharjo Kabupaten
Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Sidoharjo Kabupaten
Musi Rawas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive
sampling, sampel penelitian ini sebanyak 78 orang. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Ideal dan
Standart deviation ideal. Hasil penelitian ini 1) Evaluasi konteks program SEL di
SMP Negeri Sidoharjo menunjukkan bahwa program ini memiliki potensi untuk
mengurangi kasus bullying.2) Evaluasi input program SEL sangat penting untuk
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program. Dengan memahami input
yang ada, sekolah dapat melakukan perbaikan dan peningkatan untuk memastikan
program SEL berjalan secara efektif dalam mengatasi masalah bullying. 3)
Evaluasi proses program SEL memberikan gambaran yang lebih jelas tentang
bagaimana program tersebut berjalan di lapangan. 4) Evaluasi produk program
SEL sangat penting untuk mengukur dampak jangka panjang dari program
tersebut.
Kata Kunci: Social Emotional Learning, Bullying
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:38 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27513 |