Anandah, Levi and Manap, Somantri and Sumarsih, Sumarsih (2025) EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER P5 DENGAN MODEL CIPP DI SDN 29 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Tesis Lili pasca sidang univ - Lili Maulana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan karakter P5 di
SD Negeri 29 Lubuk linggau. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian evaluasi model CIPP yakni evaluasi program pembinaan karakter P5
dari aspek konteks, masukan, proses, dan produk. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang
meliputi: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian Data, Penarikan
kesimpulan, sesuai dengan teknik analisis data menurut Miles and Hubberman.
Hasil penelitian ini Pertama, program Pembinaan Karakter P5 telah dirancang dan
dilaksanakan berdasarkan landasan hukum yang kuat dan mengacu pada kebijakan
nasional pendidikan karakter, Kedua, guru memiliki pemahaman yang cukup
mengenai konsep P5, meskipun masih membutuhkan penguatan kompetensi
teknis. Adanya dukungan dari stakeholder internal, tetapi partisipasi eksternal
masih terbatas, begitu pula dengan pembiayaan dan ketersediaan sarana prasarana
yang belum optimal. Ketiga, pelaksanaan P5 berjalan sesuai pedoman, melibatkan
siswa secara aktif, namun menghadapi kendala teknis dan variasi kegiatan yang
belum merata karena pada kelas rendah, variasi projek masih terbatas. Keempat,
program ini berhasil meningkatkan pengetahuan, keterampilan abad 21, dan sikap
positif siswa, mencerminkan keberhasilan P5.
Kata Kunci : CIPP, Evaluasi Program, Pembinaan Karakter P5
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:38 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 04:38 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27517 |

