OSWARI, ANA and Sudarwan, Danim and Connie, Connie (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU; ANALISIS KESIAPAN GURU, TANTANGAN, DAN DAMPAKNYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
yuk ana perpus - FIRLY ADINATA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5
Lubuklinggau, dengan fokus pada kesiapan guru, tantangan, dan dampaknya
terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah,
guru, dan siswa yang terlibat langsung dalam penerapan Kurikulum Merdeka.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis
dengan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru memahami konsep Kurikulum Merdeka secara teoritis, tetapi masih
mengalami kesulitan dalam penyusunan modul ajar, penerapan pembelajaran
berdiferensiasi, dan asesmen formatif. Tantangan utama meliputi keterbatasan
waktu, kurangnya pelatihan praktis, dan minimnya pendampingan. Dampak
positifnya adalah peningkatan keterlibatan dan kreativitas siswa, meskipun
tantangan utama masih perlu diatasi. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup
pelatihan berbasis praktik, pendampingan langsung di kelas, dan penguatan
komunitas guru.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, kesiapan guru, Proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:39 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27524 |