Alamsyah, Alamsyah and Alexon, Alexon and Nina, Kurniah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran PJOK Kelas IX SMP NEGERI 1 REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ALAMSYAH_A2M023083_TESIS_TP - Alamsyah Alamsyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model
pembelajaran Project Base Learning untuk meningkatkan tanggung jawab
dan prestasi belajar PJOK kelas IX SMPN 1 Rejang Lebong. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi
eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 1 Rejang
Lebong semester genap tehun pelajaran 2024/2025. Melalui teknik simple
random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen dan kelas kontrol IXD
dan IXC SMPN 1 Rejang Lebong. Instrumen penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik
deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Base
Learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa
kelas IX SMPN 1 Rejang Lebong dan penerapan model pembelajaran
Project Base Learning secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Project Base Learning, Tanggung Jawab, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27660 |