PENERAPAN METODE LATIHAN (PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL AND PRACTICE) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VI SD Negeri Gugus 2 Empat Petulai Dangku Muara Enim)

Putra, Arie A.J. and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN METODE LATIHAN (PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL AND PRACTICE) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VI SD Negeri Gugus 2 Empat Petulai Dangku Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
ARIE A.J. PUTRA_A2M023057_Tesis S2 MTP - ARIE AJ PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Metode Latihan
(Drill and practice) meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada
mata pelajaran PJOK kelas VI SD Negeri Gugus 2 Empat Petulai Dangku
Muara Enim. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari s.d Februari
2025. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dan penelitian Eksperimen. Subjek Penelitian ini adalah peserta
didik Kelas VI di Gugus 2 Empat Petulai Dangku Muara Enim yang
berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik
dan tes peserta didik. Data penelitian dianalisis statistik yaitu rata-rata
(mean) persantase dan uji-t. Pada siklus 1 jumlah siswa yang nilai tuntas
adalah 11 siswa (55%), nilai tidak tuntas adalah 9 siswa (45%). Pada
siklus 2 nilai tuntas yaitu 14 siswa (70%), nilai tidak tuntas adalah 6 siswa
(30%). Sedangkan pada siklus 3 siswa yang nilai tuntas adalah 17 siswa
(85%), nilai tidak tuntas adalah 3 siswa (15 %). Sikap kerjasama pada
siklus 1 kriteria cukup, pada siklus 2 sikap kerjasama meningkat kiteria
baik, dan pada siklus 3 kriteria sangat baik. Dari hasil analisis uji-t post-
test diperoleh nilai thitung 2,263 > ttabel 2,026, bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa
antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Simpulan dari
penelitian ini adalah penerapan Metode Latihan (Drill and practice) efektif
meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran PJOK
kelas VI SD Negeri Gugus 2 Empat Petulai Dangku Muara Enim.
Kata Kunci : Metode Latihan, Kerjasama, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 08:37
Last Modified: 06 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27661

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200