PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Kelas X TAB SMK Negeri 6 Rejang Lebong)

Marpaung, Benson Budiman and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Kelas X TAB SMK Negeri 6 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Benson Budiman Marpaung_A2M023085 - Benson Marpaung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan
prestasi belajar peserta didik serta efektivitasnya dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik
Otomotif peserta didik kelas X-TAB di SMK Negeri 6 Rejang Lebong.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
dan rekomendasi. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian eksperimen semu.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAB SMK Negeri 6 Rejang
Lebong yang berjumlah 24 siswa. Sementara populasi penelitian eksperimen
berjumlah 95 siswa. Adapun sampel kelas eksperimen berjumlah 27 siswa
dan sampel kelas kontrol 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan menggunakan observasi dan tes prestasi belajar siswa. Analisi
data yang digunakan adalah persentase, rata-rata dan uji-t test. Simpulan
dari penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa secara
efektif dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif kelas X-TAB di
SMK Negeri 6 Rejang Lebong.
Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, kemampuan berpikir
kreatif dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Oct 2025 08:37
Last Modified: 06 Oct 2025 08:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27664

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200