Haryanto, Johnson and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GUNUNG MEGANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dokumen dari Johnson Haryanto - Johnson Haryanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran investigasi untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar
peserta didik, Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas dankuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX
SMP Negeri 1 Gunung Megang semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
Melalui teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel kuasi
ekperimen adalah kelas IX.3 dan kelas IX.4 adalah kelas kontrol, instrument
penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian
dianalisis dengan statistik yaitu rata-rata (mean), presentase, dan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran investigasi
dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran Bahasa Inggris kelas IX SMP Negeri 1 Gunung Megang.
Kata kunci : Penerapan metodenpembelajaran investigasi, kerjasama,
prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27666 |