TRIMAYANTI, ERIKA and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS X DI SMK NEGERI 1 MERAPI TIMUR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ERIKA TRIMAYANTI_A2M023062 fix - Erika Trimayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi
sains dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas X
SMK Negeri 1 Merapi Timur. Latar belakang penelitian ini adalah
rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPAS akibat
metode pengajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dan kuasi eksperimen.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Merapi Timur
semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Melalui teknik simpel random
sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas X TGP 1 dan
kelas kontrol adalah kelas X TGP 3. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains meningkat dari kategori
"kurang" menjadi "sangat baik" dengan rata-rata skor 3,52. Prestasi
belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan pada kelas
eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, yang didukung oleh hasil
uji-t. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based
learning dapat meningkatkan kemampuan literas sains dan prestasi
belajar peserta didik studi pada mata pelajaran IPAS kelas X SMK Negeri
1 Merapi Timur.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan literasi sains,
Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 08:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27667 |