Komalasari, Evi and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII Di SMA Bukit Asam Tanjung Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EVI KOMALASARI_A2M023063_BAB 1-5 - Heny Sriyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran simulasi untuk meningkatakan kreativitas dan prestasi
belajar peseta didik. Desain penelitaian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subyek penelitian adalah peserta
didik kelas XII SMA Bukit Asam Tanjung Enim tahun pelajaran 2024/2025.
Melalui teknik cluster random sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas XII F sebagai kelas kontrol dan XII G sebagai
kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi
dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik, yaitu rata-rata (mean),
presentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model simulasi dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XII SMA Bukit Asam
Tanjung Enim.
Kata kunci: Model simulasi, kreativitas, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 08:38 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27668 |