KHODIJAH, KHODIJAH and Alexson, Alexson and Buyung, Buyung (2025) PEGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Pagar Gunung). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kompress Tesis 1,44mb Khodijah - Khodijah Khodijah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis aplikasi Canva guna meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri
Pagar Gunung. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media
pembelajaran yang menarik, yang berdampak pada rendahnya antusiasme dan
hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas SD Negeri Pagar Gunung. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dengan Canva terbukti efektif
dan menarik bagi siswa. Peningkatan minat belajar ditunjukkan melalui
observasi dan angket, sementara peningkatan prestasi belajar dilihat dari hasil
evaluasi sebelum dan sesudah penggunaan media. Dengan demikian, media
pembelajaran berbasis Canva dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung
proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Canva, Minat Belajar, Prestasi Belajar,
Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27688 |