PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI (Studi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong Kelas XI )

Sibeta, Nanda Panuntun and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI (Studi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong Kelas XI ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
NANDA PANUNTUN SIBETA_A2M023095_TESIS_TP - Nanda Panuntun Sibeta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan
Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan
Keterampilan Senam Lantai. Penelitian ini termasuk dalam penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
evaluation). Adapun yang menjadi subjek validasi adalah tim ahli yang
terdiri dari ahli media dan ahli materi sedangkan populasi dalam penelitian
ini adalah Seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejang Lebong dan
sampel penelitian adalah peserta didik kelas Kelas XI 10 dan kelas XI 11
di SMAN 1 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi, angket respon guru dan siswa, serta tes
Keterampilan. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan
uji normalitas, homogenitas, uji t independent t-test. Analisis data yang
digunakan adalah nilai rata-rata melalui skala likert dan uji t menggunakan
SPSS versi 26. Hasil validasi ahli media dan materi adalah 4,89 dan 4,88
dengan kriteria sangat layak (SL). Analisis uji t posttest menunjukkan nilai
sig (2-tailed) sebesar 0,002, hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah Multimedia Interaktif
berbasis Aplikasi canva yang dikembangkan dapat meningkatkan
keterampilan senam lantai peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Rejang
Lebong secara signifikan.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif,Keterampilan senam lantai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:03
Last Modified: 07 Oct 2025 02:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200