Nurlianti, Nurlianti and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Study Mata Pelajaran IPAS Kelas X SMK BUKIT ASAM ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurlianti_A2M023070_BAB I-V - Heny Sriyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
dan prestasi pada mata pelajaran IPAS kelas X SMK Bukit Asan Tanjung
Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL SMK
Bukit Asam Tanjung Enim semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas X TPTL SMK Bukit Asam dan kelas kontrol X
TITL SMK Bukit Asam. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan
tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean),
persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan
model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi dan prestasi siswa kelas X SMK Bukit Asam Tanjung enim
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Aktivitas komunikasi dan
peningkatan prestasi siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27694 |