Rositaria, Pepi and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY (TPSR) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata PJOK Kelas V SDN di Gugus 1 Kecamatan Rambang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PEPI ROSITARIA NPM A2M023071_ok - Pepi Rositaria, S. Pd.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR) untuk
meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SDN di
Gugus 1 Kecamatan Rambang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Januari s.d Februari 2025. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan penelitian Eksperimen. Subjek Penelitian ini
adalah peserta didik Kelas V di SDN 18 Rambang yang berjumlah 11 siswa
dan populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas V di SDN Gugus 1
Rambang yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa
dokumen lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik dan hasil
tes peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan
model pembelajaran Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR)
kerjasama dan prestasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I jumlah siswa
yang nilai tuntas adalah 5 siswa (45%), nilai tidak tuntas adalah 6 siswa
(55%). Pada siklus 2 nilai tuntas yaitu 7 siswa (64%), nilai tidak tuntas
adalah 4 siswa (36%). Sedangkan pada siklus III siswa yang nilai tuntas
adalah 10 siswa (91%), nilai tidak tuntas adalah 1 siswa (9 %). Sikap
tanggung jawab pada siklus I kriteria kurang, pada siklus 2 sikap tanggung
jawab meningkat kiteria baik, dan pada siklus III kriteria sangat baik. Dari
hasil analisis uji-t Post-test diperoleh nilai thitung 2,810 > ttabel 2,023, bahwa H0
ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata prestasi belajar
siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Temuan ini
mengindikasikan bahwa perlunya guru memfasilitasi proses pembelajaran
dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan
aspek kognitif, psikomotor dan afektif siswa. Implikasi dari penelitian ini
adalah perlunya penerapan model pembelajaran yang aktif dan partisipatif
untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR),
Tanggung Jawab, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27695 |