Suslianah, Suslianah and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Kikim Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SUSLIANAH_TESIS +COVER DLL - EKA NASTRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV
SD Negeri 3 Kikim Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IVa SD Negeri 3 Kikim Barat semester genap tahun pelajaran
2024/2025. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas IVa dan kelas IVc. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran simulasi dapat
meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa muatan
pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 3 Kikim Barat.
Kata kunci : Model Simulasi, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27699 |