PENERAPAN STRATEGI CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas III SD Negeri 23 Lahat)

PUTRA, JELIANSYAH and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN STRATEGI CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas III SD Negeri 23 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS (JELIANSYAH PUTRA) A2M023038 - Debi Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi
belajar siswa kelas III SD Negeri 23 Lahat pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn). Latar belakang penelitian ini didasari oleh permasalahan
rendahnya prestasi belajar siswa, di mana 72% siswa memperoleh nilai di bawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan
metode tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi CTL secara signifikan
meningkatkan keterampilan sosial siswa, dengan peningkatan rata-rata skor dari
2,65 (berkembang) pada siklus I menjadi 3,66 (sangat baik) pada siklus II. Selain
itu, strategi CTL juga berdampak positif pada prestasi belajar siswa, ditunjukkan
dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 66,43 menjadi 75,71, serta
peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 47,61% menjadi
85,71%. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara prestasi belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan model CTL dan pembelajaran konvensional
(thitung = 3,94 > ttabel = 2,02). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi CTL
efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran PKn. Implikasi dari penelitian ini adalah mendorong guru untuk
menerapkan strategi CTL dalam pembelajaran PKn guna menciptakan lingkungan
belajar yang partisipatif dan kolaboratif.
Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Keterampilan Sosial, Prestasi
Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:03
Last Modified: 07 Oct 2025 02:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27700

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200