Pratiwi, Agis Aji and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Program Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Agung). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Agis Aji Pratiwi_A2M023055 - Agis Aji Pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem
based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
prestasi belajar (studi pada program Pendidikan Agama Islam kelas VII di
SMP Negeri 1 Tanjung Agung). Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VII. B SMP Negeri 1 Tanjung Agung semester ganjil tahun
pelajaran 2024/2025. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh
sampel kuasi eksperimen adalah kelas VII. A SMP Negeri 1 Tanjung Agung
dan kelas kontrol VII. C SMP Negeri 1 Tanjung Agung. Instrumen penelitian
ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Tanjung Agung dan penerapan model Problem Based
Learning (PBL) efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis,
Prestasi belajar, Penelitian tindakan kelas, Pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27702 |