AKBAR, AVINDHO FATTAH and Andreswari, Desi and Setiawan, Yudi (2021) APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ALAT BERAT PADA SISWA TEKNIK ALAT BERAT SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE MARKERLESS USER DEFINED TARGET PADA AUGMENTED REALITY (AR). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_G1A016071_AVINDHO FATTAH AKBAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Berdasarkan instruksi presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing
Sumber Daya Manusia Indonesia mendorong SMK/MAK untuk menghasilkan
lulusan yang kompeten dan berdaya saing. Dari instruksi tersebut maka diperlukan
peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil survei awal dengan siswa Teknik
Alat Berat SMK Negeri 2 Kota Bengkulu menggunakan kuesioner, didapatkan
bahwa siswa sangat setuju dengan persentase 80% bahwa mereka mengalami
kesulitan dalam memahami materi yang ada pada Teknik Alat Berat jika hanya
sekedar menampilkan tulisan pada pembelajaran, dan siswa setuju dengan
persentase 64% bahwa dengan menggunakan sumber belajar buku dan LKS mereka
kurang dapat memahami materi yang ada di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk membangun aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan dan
pembelajaran alat berat, yang di dalamnya terdapat konten-konten visual sehingga
dapat mempermudah siswa dalam memahami sebuah materi dan
mengimplementasikan metode Markerless User defined target. Aplikasi ini dibuat
dengan menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#, Vuforia
sebagai SDK dan objek 3D dibuat menggunakan software Blender. Hasil dari
penelitian ini berupa aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan
dan pembelajaran alat berat. Pengujian software menggunakan metode White Box
(Basis Path Testing) dan Black box. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara
fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media
pengenalan dan pembelajaran alat berat. Dan berdasarkan uji kelayakan sistem
didapatkan hasil penilaian, yaitu dari segi variabel tampilan aplikasi dengan
persentase sebesar 80.6%, kemudian untuk variabel kemudahan sistem didapatkan
hasil persentase sebesar 77.8%, dan dari segi variabel kinerja sistem didapatkan
hasil persentase sebesar 77.2%.
Kata Kunci: Augmented Reality, Alat Berat, Markerless, User defined target,
Android
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27739 |